Awal kebangkitan Nasional (1908)

1908

      
1908 merupakan awal kebangkitan nasional, karena pada tahun ini tepatnya pada tanggal 20 mei 1908 terbentuknya organisasi budi oetomo. Didirikan oleh para mahasiswa fak. Kedokteran (stofia).

Ada tiga poin penting dalam memahami sejarah 1. IDE, 2. KONSEP, 3. CITA – CITA.

1.          IDE
Ide atau alasan kenapa dibentuk organisasi budi oetomo ini adalah untuk mencerdaskan bangsa.
2.         KONSEP
Konsep atau cara yang dilakukan adalah dengan menyekolahkan para pejuang yang dianggap memilki potensi atau kemampuan ke Belanda.
3.         Cita – cita
Cita – cita dari semua itu adalah
-         Mendapatkan ilmu pengetahuan
-         Mengetahui kultur atau budaya negara penjajah (belanda)
-         Mengetahui pola pikir bagaimana kelebihan dan kelemahan para penjajah, sehingga
-         Dapat menyusun strategi untuk menjatuhkan penjajah.

Setalah organisasi budi oetomo terbentuk, barulah mulai bermunculan organisasi – organisasi lainnya.

       Salah satu contohnya SDI (syarikat Dagang Islam) berpusat di lawean solo (pusat tempat para pedagang islam dan pusat dari pengarajin batik). Latar belakang terbentuknya adalah adanya kecemburuan para pengrajin indonesia terhadap cina,karena cina diberi otonom oleh pemerintah jajahan untuk menguasai perdagangan di Indonesia. SDI mendirikan koperasi – koperasi untuk membantu para pengrajin Indonnesia.

       Setelah itu SDI berubah menjadi SI (syarkat Islam) dan memiliki 54 cabang diseluruh penjuru Indonesia yang kali ini tidak hanya terdiri dari pedagang saja namun semua rakyat atau masyarakat indonesia yang beragama islam, Namun tetap memiliki tujuan yang sama yaitu terbebas dari penjajah (MERDEKA). Namun tidak lama setelah itu SI hancur karena adanya infiltrasi (penyusupan ajaran komunis). Masuknya ajaran komunis sendiri dikarenakan ketua partai komunis yang juga merangkap menjadi ketua SI.

Bergabungnya para pejuang dengan indistch partije
       Indistch partije merupakan organisasi politik. keinginan para pejuang dengan masuk kedalam organisasi politik belanda, ialah mengajukan status badan hukum (volkstraad atau yang sekarang DPR) dengan fungsi sebagai alat untuk menyampaikan aspirasi rakyat dan juga untuk mengetahui apa yang menjadi strategi belanda.


       Hasil pertama dari masuknya ke dalam indistch partije adalah mengetahui akan adanya penangkapan terhadap bung karno, yang pada akhirnya berhasil di gagalkan (meloloskan diri). Penangkapan akan bung karno sendiri dikarenakan bung karno merupakan ketua PNI (partai Nasional Indonesia) yang juga sebagai Orator handal, karena bisa membuat bangkit semangat rakyat indonesia hanya dengan orasinya (pidatonya)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »