Hal - hal yang terjadi di tahun 1945

1945


       7 Agustus 1945 Jepang menjanjikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, namun pada tanggal 14 agustus 1945 Nagasaki dan Hirosima yang merupakan kota besar dan juga pusat dari jepang, dibom atom oleh sekutu yang membuat jepang kalah dan harus menyerahkan seluruh daerah jajahannya ke sekutu.

       Mendengar akan hal itu angkatan muda segera menuntut dan menerangkan untuk segera memproklamirkan kemerdekaan. Namun angkatan tua menolak dengan alasan :

1.          Sudah ada janji dengan jepang, bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan
2.         Takut tidak mendapatkan pengakuan dari negara lain karena kemerdekaan yang di dapat bukan karena hadiah dari penjajah maupun menang akan perang.

       Angakatan muda tidak menyerah, mereka terus menuntut dan memaksa bahkan sampai mengancam, “apabila tidak segera diproklamirkan maka akan ada pertumpahan darah”. Mendengar hal itu dari angkatan muda, ir.soekarno dengan lantang “kalau begitu, tidak usah menunggu lagi LAKUKAN SEKARANG.” Setelah itu Diamankannya laksamana maeda dan sayuti malek untuk mempersiapkan teks proklamasi juga siapa yang akan menandatangani.

       Bukti bahwa merdekanya Indonesia bukan merupakan hadiah dari jepang terdapat di dalam PEMBUKAAN UUD 1945 alinea ke tiga “atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa .... “  yang menandakan bahwa merdekanya indonesia ini dikeranakan rahmat Allah Yang Maha Kuasa.


       Dasar negara Bangsa Indonesia yaitu PANCASILA Secara historis Disahkan pada saat BPUPKI sidang ke II yaitu 1 Juni 1945 dan secara yuiddis (konstitusional) disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 bersamaan dengan PEMBUKAAN UUD 1945.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »